Rabu, 05 September 2018

Vlan,Proses Routing,Routing Statis Dan Definisi

A. VLAN

1.DEFINISI
Virtual LAN atau disingkat VLAN merupakan sekelompok perangkat pada satu LAN atau lebih yang dikonfigurasikan (menggunakan perangkat lunak pengelolaan) sehingga dapat berkomunikasi seperti halnya bila perangkat tersebut terhubung ke jalur yang sama, padahal sebenarnya perangkat tersebut berada pada sejumlah segmen LAN yang berbeda. Vlan dibuat dengan menggunakan jaringan pihak ke tiga. VLAN merupakan sebuah bagian kecil jaringan IP yang terpisah secara logik. VLAN memungkinkan beberapa jaringan IP dan jaringan-jaringan kecil (subnet) berada dalam jaringan switched switched yang sama. Agar computer bisa berkomunikasi pada VLAN yang sama, setiap computer harus memiliki sebuah alamat IP dan Subnet Mask yang sesuai dengan VLAN tersebut. Switch harus dikonfigurasi dengan VLAN dan setiap port dalam VLAN harus didaftarkan ke VLAN. Sebuah port switch yang telah dikonfigurasi dengan sebuah VLAN tunggal disebut sebagai access port.

2.GAMBAR TOPOLOGI VLAN

Hasil gambar untuk DEFINISI VLAN


























3.KEUNTUNGAN VLAN
Penerapan sebuah teknologi VLAN memungkinkan sebuah jaringan menjadi lebih fleksibel untuk mendukung tujuan bisnis. Berikut ini beberapa keuntungan menggunakan VLAN:
 •Security– Departemen yang memiliki data sensitive terpisah dari jaringan yang ada, akan     mengurangi peluang pelanggaran akses ke informasi rahasia dan penting.
 • Cost reduction – Penghematan biaya dihasilkan dari tidak diperlukannya biaya yang             mahal untuk upgrades jaringan dan efisiensi penggunaan bandwidth dan uplink        yang     tersedia.
 • Higher performance – Dengan membagi jaringan layer 2 menjadi beberapa worksgroup       secara logik (broadcast domain) mengurangi trafik yang tidak diperlukan pada                       jaringan dan meningkatkan performa.kjk
 • Broadcast storm mitigation – Dengan membagi sebuah jaringan menjadi VLAN                     mengurangi jumlah peralatan yang berpartisipasi dalam broadcast storm.
  • Improved IT staff efficiency – Dengan VLAN pengelolaan jaringan lebih mudah, karena        user-user dengan kebutuhan jaringan yang sama berbagi VLAN yang sama.
  • Simpler project or application management – Memiliki fungsi-fungsi terpisah                          mempermudah pengelolaan sebuah project atau bekerja dengan aplikasi khusus.
4.JENIS-JENIS VLAN
  • Default VLAN adalah vlan yang sudah ada sejak pertama kali switch dihidupkan, sebelum di konfigurasi semua port yang ada pada switch akan tergabung ke dalam default VLAN dan dapat terhubung pada masing - masing port. pada cisco, default vlan adalah VLAN 1.
  • Data VLAN adalah vlan yang hanya mengatur trafik data pada VLAN
  • Native VLAN adalah vlan yang dikembalikan ke suatu port apabila tidak dalam bentuk trunking dan untagged
  • Voice VLAN adalah vlan yang mendukung VoIP dan di khususkan untuk komunikasi data suara pada VLAN
  • Management VLAN adalah VLAN yang di konfigurasi untuk management swith
5.DEFINISI VLAN ID

VLAN (Virtual Local Area Network) merupakan sekelompok perangkat pada satu LAN atau lebih yang dikonfigurasikan (menggunakan perangkat lunak pengelolaan) sehingga dapat berkomunikasi seperti halnya bila perangkat tersebut terhubung ke jalur yang sama, padahal sebenarnya perangkat tersebut berada pada sejumlah 

6.TERMINOLOGI VLAN 
1). VLAN Data : vlan yang di konfigurasi hanya untuk membawa data-data yang digunakan      oleh user. yang di pisahkan oleh lalu lintas data suara ataupun manajemen switch. pada      uraian tersebut sering kali disebut vlan user.
2). VLAN Default : semua port switch pada awalnya menjadi anggota VLAN default. vlan          default untuk switch Cisco adalah vlan 1. vlan 1 tersebut tidak dapat diberi nama dan            tidak dapat di hapus, karena sudah menjadi setelan asal.
3). Native VLAN : native vlan dikeluarkan untuk port trunking 802. 1Q. port tersebut                   mendukung lalu lintas jaringan yang datang dari banyak vlan (tagged traffic) sama                baiknya dengan yang datang dari sebuah vlan (untagged traffic). port trunking 802. 1Q           menempatkan untagged traffic pada native VLAN.
4). VLAN manajemen : vlan yang di konfigurasi untuk manajemen switch. vlan 1 akan              bekerja sebagai Management vlan, tetapi jika kita tidak mendefinisikan vlan khusus              sebagai manajemen vlan. dalam mengkonfigurasi kita dapat memberikan IP Address           dan  subnet mask pada vlan manajemen, sehingga switch dapat dikelola melalui HTTP,       Telnet, SSH, atau SNMP.
5). VLAN Voice : vlan yang dapat mendukung Voice over IP (VoIP). vlan yang di khususkan     untuk komunikasi data suara.

7.TIPE KONEKSI VLAN

    1.Trunk Link
    2.Access Link
    3.Hibrid Link (Gabungan Trunk Dengan Access)

8.PRINSIP KERJA VLAN

VLAN diklasifikasikan berdasarkan metode (tipe) yang digunakan, baik menggunakan port, MAC address dan lain - lain. Semua informasi yang mengandung penandaan/pengalamatan suatu vlan (tagging) di simpan dalam suatu database (tabel), jika penandaannya berdasarkan port yang digunakan maka database harus mengindikasikan port-port yang digunakan oleh VLAN. 

Untuk mengaturnya maka biasanya digunakan switch/bridge yang manageable atau yang bisa di atur. Switch/bridge ini  yang akan berfungsi menyimpan semua informasi dan konfigurasi suatu VLAN dan dipastikan semua switch/bridge memiliki informasi yang sama.Switch akan menentukan kemana data-data akan diteruskan dan sebagainya. atau dapat pula digunakan suatu software pengalamatan (bridging software) yang berfungsi mencatat/menandai suatu VLAN workstation yangdidalamnya.untuk menghubungkan antar VLAN dibutuhkan router


B.PROSES ROUTING

1.GAMBAR PROSES ROUTING


2.DEFINISI ROUTING

Routing adalah proses untuk memilih jalur (path) yang harus dilalui oleh paket. Jalur yang baik tergantung pada beban jaringan, panjang datagram, type of service requested dan pola trafik. Pada umumnya skema routing hanya mempertimbangkan jalur terpendek (the shortest path).

3.CARA KERJA ROUTING

Cara kerja router dapat dibagi menjadi 3 :
 1.administator jaringan yang mengkonfigurasi router
 2.Router melakukan routing berdasarkan informasi dalam tabel routing
 3.routing static digunakan untuk melewatkan paket data 


C.ROUTING STATIC

1.PENGERTIAN ROUTING STATIC
 
  Static routing (Routing Statis) adalah sebuah router yang memiliki tabel routing statik yang di setting secara manual oleh para administrator jaringan. Routing static pengaturan routing paling sederhana yang dapat dilakukan pada jaringan komputer.  Menggunakan routing statik murni dalam sebuah jaringan berarti mengisi setiap entri dalam  forwarding  table  di  setiap router yang berada di jaringan tersebut.

2.KEUNTNGAN DAN KERUGIAN /KELEMAHAN


Keuntungan menggunakan Routing static
  1. Meringankan kinerja processor router
  2. Tidak ada bandwidth yang diguanakn untuk pertukaran informasi dari tabel isi routing pada saat pengiriman paket
  3. Routing statis lebih aman dibandingkan routing dinamis
  4. Routing Statis kebal dari segala usaha hacker untuk men-spoof dengan tujuan membajak traffik
Kerugian Menggunakan routing static
  1. Administrator jaringan harus mengetahui semua informasi dari masing-masing router yang digunakan
  2. Hanya dapat digunakan untuk jaringan berskala kecil
  3. Admisnistrasinya cukup rumit dibanding routing dinamis, terlebih jika banyak router yang harus dikonfigurasi secara manual
  4. Rentan terhadap kesalahan saat entri data routing statis yang dilakukan secara manual.
3.CARA KERJA 

Cara kerja routing statis ada 3 bagian yaitu:
  • Konfigurasi router yang dilakukan oleh admin jaringan
  • Router melakukan routing berdasarkan informasi yang diterima dari tabel routing
  • Admin Jaringan menggunakan perintah ip route secara manual untuk konfigurasi router dengan routing statis dan routing statis berguna untuk melewatkan paket data yang ada pada jaringan.
Seorang administrator harus menggunakan perintah ip route secara manual untuk mengkonfigurasi router dengan routing statis.
lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini :




4.GAMBAR ROUTING STATIC 















Tidak ada komentar:

Posting Komentar